Tips Diet Sehat: 10 Pantangan Mutlak

Image courtesy of Debspoons/ FreeDigitalPhotos.net

D.I.E.T , 4 huruf yang “sederhana” tapi “sulit” untuk dijalankan?? Banyak orang yang berpikir seperti itu karena terlalu banyak pantangan. Anda serasa tidak bisa menikmati hidup dengan diet, bisa jadi itu karena pantangan buatan Anda sendiri yang berlebihan, seperti melakukan bulimia. Oh, STOP bulimia yah, karena bulimia itu bisa menyebabkan Anda menginginkan cemilan terlalu banyak1). Salah besar, bila orang diet tidak bisa merasakan makanan enak. Makanan enak bukan penyebab Anda kegemukan atau obesitas tapi yang menjadi orang gemuk adalah total kalori yang Anda konsumsi itu sudah sangat berlebihan sekalipun makanannya tidak enak1). Kunci utama mengurangi obesitas sangatlah sederhana, yaitu pembatasan energi (bukan pembatasan makanan enak) dan dikombinasi dengan gerak badan2). Inilah 10 Tips Diet Sehat: 10 Pantangan Mutlak, versi digiku.com :

1.  Pantang mengkonsumsi makanan dibawah ini

Jenis makanan hasil olahan susu seperti mentega, keju, es krim benar-benar mengandung lemak tinggi. Makanan cepat saji dan minyak bertekanan tinggi mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tidak baik untuk kolesterol Anda. Coklat, permen, kue-kue merupakan cemilan yang membantu program diet Anda gagal apalagi bila Anda tidak rajin berolahraga.

2.  Pantang menyediakan makanan “sampah”

Jangan pernah menyediakan makanan yang seharusnya dihindari selama program diet berlangsung. Makanan-makanan tersebut seperti yang tinggi kalori, tinggi lemak jenuh, miskin protein, miskin vitamin-mineral.

3.  Pantang beli makanan pada saat lapar

Berbelanja makanan pada saat perut Anda sedang kosong bisa mengakibatkan tidak bijak dalam memilih makanan. Anda cenderung belanja makanan yang hanya terlihat enak saja tapi tidak sehat dan membelinya terlalu banyak. Orang yang sedang lapar sulit memilih makanan secara bijak.

 4.  Pantang konsumsi minuman berkalori secara berlebihan

Jus kaleng, minuman ringan, minuman olahraga merupakan minuman yang memiliki kandungan kalori. Kandungan kalori dari cairan menurut para ahli tidak efektif. Hal ini dikarenakan kalori yang dikandung tidak membuat tubuh kenyang. Pilihlah teh, kopi, minuman ringan, jus kaleng, minuman olahraga yang bebas gula dan rendah kalori.

 5.  Pantang mengurangi jatah minum Anda

Selain berisiko untuk kesehatan, kurang mengkonsumsi air juga akan mempengaruhi kesuksesan diet Anda. Hal ini dikarenakan, air merupakan faktor yang penting di dalam pencernaan tubuh. Oleh karena itu, minumlah air 8 gelas per hari. Lebih baik lagi bila air minum yang dikonsumsi sehari-hari sudah dimasak sampai mendidih.

 6.  Pantang melewatkan sarapan

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bila melewatkan sarapan, Anda bisa mengurangsi asupan kalori Anda. Anda salah! Justru itu malah sebaliknya. Orang yang sering melewatkan sarapan nya cenderung mengkonsumsi makan malam secara berlebihan. Dan hal itu malah menyebabkan Anda berbelanja kalori dan lemak yang lebih banyak.

 7.  Pantang tidur terlalu malam

Tidur terlalu malam cenderung mengakibatkan Anda kurang cukup waktu tidur. Jumlah waktu tidur sangat mempengaruhi Anda untuk memiliki berat badan yang ideal. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian di Universitas Case Western Reserve (2006), wanita yang tidur kurang dari 5 jam sehari memiliki berat badan yang lebih besar dari pada yang memiliki waktu tidur lebih dari 7 jam.

 8.  Pantang bermalas-malasan

Bermalas-malasan akan membuat tubuh Anda kurang membakar kalori yang telah Anda makan lewat makanan Anda. Bergeraklah! Lakukan aktivitas-aktivitas bermanfaat yang bisa membakar kalori Anda dan mengalihkan nafsu makan berlebihan. Orang sering beralasan tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga dan gerak badan. Padahal olahraga itu tidak membutuhkan waktu lama seperti yang Anda bayangkan. Lakukan olahraga-olahraga ringan dan sederhana namun cukup membakar kalori, seperti naik turun tangga dan sit-up.

 9.  Pantang lupa mencatat perkembangan berat badan Anda

Jika Anda lupa mencatat perkembangan berat badan Anda, maka Anda akan kehilangan semangat. Apabila Anda memiliki catatan perkembangan berat badan Anda, bila berat badan Anda berkurang akan membuat Anda untuk bersemangat karena usaha Anda sudah mulai terlihat. Dan bila berat badan malah tidak berkurang atau malah bertambah, Anda akan mengevaluasi penyebab dari semua itu.

 10. Pantang MENYERAH! ^_^ (Pantang anggap remeh    pantangan diet yang  terakhir ini yah)

 

Sumber :

  1. Pelchat ML . 2009. Food Addiction in Humans1-3. Journal of Nutrition, 139: 620-622.
  2. Kishino E, Ito T, Fujita K, Kiuchi Y. 2006. A Mixture of the Salacia reticulata (Kotala himbutu) Aqueous Extract and Cyclodextrin Reduces the Accumulation of Visceral Fat Mass in Mice and Rats with High-Fat Diet-Induced Obesity1,2. Journal of Nutrition, 136: 433-439.