47 Obat Herbal Kolesterol

Image courtesy of Stuart Miles/ FreeDigitalPhotos.net

Kolesterol merupakan bagian dari lemak turunan yang berwarna kuning seperti lilin1)2). Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga bersumber dari lauk hewani, seperti: otak, kulit ayam, daging, kuning telur, jeroan, susu dan olahannya, dan sebagainya2)3). Kolesterol pada kadar normal memiliki beberapa fungsi, seperti mengembangkan jaringan otak dan saraf, membentuk hormon seks, membuat vitamin D2). Namun pada kadar yang berlebih, kolesterol menjadi musuh kesehatan. Kolesterol berlebih bisa menimbulkan hiperkolesterolemia, dislipidemia (lemak dalam darah), aterosklerosis, dan sebagainya. Kolesterol yang berlebih bisa diturunkan dengan ramuan tradisional berupa Obat Herbal Kolesterol yang alami dan cenderung lebih murah. Inilah 47 Obat Herbal Kolesterol versi digiku.com :

1.   Buah-buahan (16 obat herbal kolesterol)

Contoh buah-buahan yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: mahkota dewa, anggur, apel, alpukat, belimbing, bit, mengkudu, delima, jambu biji, jeruk lemon, kiwi, murbei, nanas, ceremai, paprika dan tomat2)3). Buah-buahan tersebut biasanya dapat langsung dikonsumsi atau bisa juga dibuat jus buah. Digiku.com menyarankan sebaiknya buah-buahan dikunyah daripada dihancurkan menjadi jus buah. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah, buah terlebih dahulu dicerna di mulut sehingga bisa meringankan kerja lambung.

2.   Sayuran (5 obat herbal kolesterol)

Contoh sayuran yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: wortel, labu kuning, kubis, terung, dan buncis2)3). Sayuran tersebut dapat dibuat seperti masakan pada umumnya. Namun, alangkah baiknya wortel tersebut dikukus sebentar agar zat-zat gizi yang hilang dapat diminimalisir. Apabila Anda ingin merebusnya, gunakan air secukupnya untuk menghindari banyaknya zat-zat gizi yang akan larut ke dalam air.

 3.   Padi-padian & Serealia (2 obat herbal kolesterol)

Contoh padi-padian & serealia yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: jagung muda dan ubi jalar2)3). Bagi Anda yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok bisa menggantinya sebagian dengan jagung muda dan ubi jalar. Pada umumnya, rakyat Indonesia biasa menikmati jagung dan ubi jalar rebus atau panggang atau kukus. Cara dikukus lebih baik dari kedua cara tersebut dengan catatan tidak terlalu lama. Untuk jagung, rebus bersama kulit, tongkol, dan rambutnya setelah dicuci bersih. Kemudiannya airnya disaring dan jagungnya dimakan. Apabila Anda merebus, maka air untuk merebus secukupnya saja. Hal ini dikarenakan semakin banyak air untuk merebus maka semakin banyak zat gizi yang larut ke dalam air. Sebaiknya, Anda juga meminum air hasil rebusan.

 4.   Akar Rimpang (5 obat herbal kolesterol)

Contoh akar rimpang yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: temu hitam, temu giring, temu lawak, kunyit dan bangle2)3). Akar rimpangnya dikupas kulitnya terlebih dahulu lalu dicuci kemudian diparut. Bisa disiram dengan air panas atau direbus. Diamkan sebentar, lalu  disaring kemudiannya air diminum.

 5.   Bawang-bawangan (3 obat herbal kolesterol)

Contoh bawang-bawangan yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay2)3). Bawang-bawangan tersebut memiliki rasa dan aroma yang tajam sehingga diperlukan proses untuk mengurangi rasa dan aroma yang tajam tersebut. Proses yang dimaksud biasanya dengan ditumis bersama lauk nabati atau hewani bisa juga dengan sayur.

 6.   Bunga dan Daun (8 obat herbal kolesterol)

Contoh bunga yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: bunga rosella dan bunga teratai2)3). Contoh daun yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: daun teh, daun seledri, daun sambiloto, daun salam, daun cincau, dan daun dewa2)3). Dedaunan ini diolah dengan cara direbus setelah dicuci terlebih dahulu kemudian air rebusannya disaring dan diminum.

 7.   Lain-lain (8 obat herbal kolesterol)

Contoh lainnya yang berkhasiat menurunkan kolesterol, diantaranya sebagai berikut: jamur hioko, jamur kayu, jamur kuping hitam, jamur putih, kacang tanah, kacang kedelai, lidah buaya, rumput laut2)3).

Catatan Penting : Obat herbal kolesterol tersebut dikonsumsi sampai kolesterol turun. Dan perlu diingat agar mengkonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

 Sumber :

  1. Almatsier S. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Wijayakusuma H. 2008. Ramuan Herbal Penurun Kolesterol. Jakarta: Pustaka Bunda.
  3. Wiryowidagdo S, Sitanggang M. 2003. Tanaman Obat Untuk Penyakit Jantung, Darah Tinggi, dan Kolesterol. Jakarta: Agromedia Pustaka.