Jangan Panik Ketika Bayi Demam, Berikan Obat Demam Alami Berikut Ini!

anak demamimage credit: parents.com

Bayi ataupun juga balita sangat rentan terkena demam, untuk itu anda sebagai orang tua menjadi panik karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu anda sebagai orang tua bisa memberikan obat demam yang berasal dari bahan-bahan alami untuk menurunkan suhu tubuh pada bayi ataupun juga balita.

Berikut ini merupakan beberapa tanaman yang bisa anda manfaatkan untuk dijadikan obat demam, diantaranya yaitu:

  1. Bawang Merah

Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, bawang merah juga sering digunakan untuk menurunkan demam pada bayi ataupun juga balita. Kandungan yang terdapat pada bawang merah yaitu minyak atsiri, sikloanin metilalin, kuersetin dan juga floroglusin memiliki manfaat menurunkan suhu tubuh ketika buah hati demam. Berikut ini merupakan cara untuk membuat obat penurun demam dari bawang merah. Pertama-tama anda parut  beberapa buah bawang merah, selanjutnya anda tambahkan sedikit minyak kelapa. aduk sampai rata kedua bahan tersebut, selanjutnya oleskan obat tersebut pada tubuh bayi.

  1. Kunyit

Kandungan yang terdapat pada kunyit yaitu turmeron, curcumin dan juga zingiberen bisa menurunkan suhu tubuh pada buah hati anda yang sedang demam. Selain itu juga kunyit berfungsi sebagai anti inflamasi, antioksidan dan juga antibacterial. Untuk cara pembuatan obat penurun demam dari kunyit yaitu pertama-tama anda bersihkan kira-kira 1 ruas jari. selanjutnya parut kunyit tersebut. Campurkan kunyit yang telah diparut dengan air hangat. Setelah dingin, peras air kunyit, agar manfaatnya lebih maksimal, maka anda bisa menambahkan air perasa keruk nipis dan juga madu ke dalam air perasan kunyit tadi.

  1. Temulawak

Tanaman yang satu ini mengandung kandungan germacrene alpha betha curcumena dan juga xanthorrhizol. Kandungan-kandungan tersebut sebagai antibiotic dan juga anti inflamasi. Berikut ini merupakan cara untuk membuat obat penurun demam dari temulawak yaitu pertama-tama anda parut 1 ruas jari temulawak. Kemudian campurkan dengan setengah gelas air putih. Langkah selanjutnya aduk kedua bahan tersebut. selanjutnya saring dan peras. Air perasan temulawak tersebut bisa ditambahkan dengan madu, dan minumkan air tersebut ke buah hati anda.

Itulah beberapa obat demam alami yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk menurunkan demam yang dirasakan anda. Selain demam, dapatkan informasi obat lainnya seperti obat mata katarak, obat diare, dan obat lainnya.