18 Manfaat Bawang Putih dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat bawang putihsumber: bugarfit.com

Bawang putih yang merupakan salah satu jenis rempah di Indonesia sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari karena hampir semua masakan di nusantara menggunakan umbi berwarna putih ini sebagai penyedap rasa. Namun sebenarnya bawang putih bukan tanaman asli Indonesia. Di Indonesia, bawang putih dibawa oleh pedagang Cina dan Arab, dibudidayakan di daerah pesisir dan pedalaman sampai akhirnya bawang putih ini akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia 4).

Bawang putih memilki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia karena selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga merupakan bahan obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu oleh para nenek moyang kita. Bawang putih biasanya digunakan untuk mengobati segala macam jenis penyakit karena sifatnya sebagai zat antijamur dan antibakteri.

Bahan kimia utama yang terkandung dalam bawang putih antara lain minyak asiri sebagai antibakteri dan antiseptik. Kemudian zat yang diduga memberikan aroma menyengat pada bawang putih adalah alisin yang memiliki daya antibiotik yang cukup ampuh. Selain itu, scordinin dalam bawang putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan perkembangan tubuh 4). Adapun beberapa manfaat bawang putih dalam kehidupan sehari-hari versi digiku.com sebagai berikut:

1. Mengatasi Anemia 1)

Bawang putih ini dapat meningkatkan penyerapan vitamin B (terutama B1), serta kandungan tembaga dan vitamin C pada bawang putih dapat meningkatkan bercampurnya zat besi.

2. Mengobati Penyakit athlete’s foot 1)

Penyakit kutu air bisa disebabkan oleh infeksi jamur maupun bakteri. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menjaga kaki akan tetap kering dan bersih. Selain itu, mengusapkan sebutir bawang putih yang telah digerus pada daerah yang sakit juga dapat mengatasi infeksi.

3. Membersihkan Gigitan binatang 1)

Bawang putih mengandung antiseptik alami dan pembersih antibakteri sehingga dapat membantu membersihkan luka luar.

4. Mengurangi Radang sendi 1)

Bawang putih selain membantu mengurangi sendi-sendi yang sakit dengan minum teh bawang putih, ternyata bawang putih juga sebagai obat gosok panas yang diurutkan ke persendian.

5. Mengatasi Asma 1)

Campuran bawang putih dan madu dapat mengatasi serangan asma

6. Mengatasi Sembelit 1)

Bawang putih dapat merangsang gerakan peristaltik dinding usus agar dapat buang air besar sehingga Hiprocrates merekomendasikan bawang putih sebagai obat sembelit.

7. Mencegah Masalah pencernaan 1)

Bawang putih akan merangsang keluarnya enzim pencernaan dan meringankan masalah pencernaan seperti rasa panas dalam perut dan keluarnya angin sehingga penggunaan bawang putih akan membantu mencegah timbulnya masalah pencernaan.

8. Mengobati Luka bakar 1)

Caranya adalah dengan menggosokkan minyak dari bawang putih pada daerah luka namun jangan menggosoknya apabila luka bakar tersebut melepuh dan robek karena akan lengket, panas dan memperparah luka.

9. Mengatasi Sakit telinga 1)

Sakit telinga juga bisa diatasi dengan penggunaan bawang putih. Bawang putih yang sudah digerus diambil minyaknya kemudian dimasukkan ke dalam telinga dan ditutup dengan kapas. Diamkan beberapa saat.

10. Mengurangi Sakit kepala 1)

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan sakit kepala. Bawang putih dapat meningkatkan penyerapan vitamin B1. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sakit kepala yaitu merendam kaki dengan air bawang putih akan tetapi penggunaan bawang putih jangan terlalu banyak.

11. Meredakan Wasir 1)

Bawang putih dapat meredakan bengkak yang menyertai wasir dan dapat membunuh kuman pada daerah dubur. Caranya adalah dengan memasukkan satu siung bawang putih ke dubur setelah buang air besar.

12. Mengatasi Mual di pagi hari 1)

Mengonsumsi bawang putih ternyata dapat membantu mengatasi mual di pagi hari karena bawang putih ini dapat meningkatkan penyerapan vitamin B1 (thiamin).

13. Mengatasi Sakit tenggorokan 1)

Biasanya penyebab sakit tenggorokan adalah infeksi. Bawang putih sebagai antibiotik alami dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengonsumsi dua siung bawang putih setiap hari.

14. Mengatasi Sakit gigi 1)

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja. Salah satu cara untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan meletakkan bawang putih yang sudah dikupas pada gigi yang sakit dan diamkan selama satu jam.

15. Mengatasi Masalah gusi 1)

Untuk mengatasi masalah gusi, bawang putih sebaiknya tidak langsung dimakan karena dapat menimbulkan luka pada gusi. Bawang putih sebaiknya sudah dibentuk kapsul dan diminum sebanyak 2 kapsul setiap 4 jam selama 3 hari.

16. Mengatasi Kelelahan 1)

Memotong satu siung bawang putih dan menghirup baunya ternyata dapat mengatasi kelelahan seperti malas bangun di pagi haru dan sering mengantuk.

17. Penyedap Rasa Makanan 2)

Ternyata selain mengobati beberapa jenis penyakit, bawang putih juga memiliki banyak manfaat dalam masakan yang kita masak sehari-hari diantaranya bawang putih dapat mengurangi bau pada daging dan ikan, membuat rasa daging dan ikan menjadi lebih enak, membuat hidangan daging menjadi lebih aman karena daya antikuman dari bawang putih, daging dan ikan akan mudah dicerna oleh saluran pencernaan karena protein yang dimiliki oleh bawang putih, serta alisin yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan vitamin B1 (thiamin) yang ada pada daging dan ikan.

18. Sebagai bakterisida dan fungisida 3)

Selain sebagai bumbu dapur dan bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih juga mengandung senyawa kimia allisin dan diallil sulfida yang bersifat bakterisida dan menghambat perkembangan cendawan dan mikroba lainnya pada pengendalian penyakit tanaman budidaya.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Evennet K. 2006. Khasiat Bawang Putih. Jakarta: Arcan
  2. Purwaningsih E. 2007. Manfaat Bawang Putih. Bandung: Ganeca Exact.
  3. Rukmana R. 1995. Budi Daya Bawang Putih. Yogyakarta: Kanisius.
  4. Syamsiyah IS & Tajudin. 2003. Khasiat dan Manfaat Bawang Putih, Raja Antibiotik     Alami. Jakarta: Agromedia.