11 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi

Image courtesy of Apolonia/ FreeDigitalPhotos.net

Ada pepatah lama yang mengatakan “Tell me what you eat and I will tell you what you are”, Anthelme Brillat-Savarin (1826). Makanan sehat merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi beragam makanan sehat bisa menurunkan risiko penyakit kanker dan kematian1). Selain beragam, makanan sehat yang merupakan hasil masakan rumahan memiliki kualitas yang lebih baik2). Pedulilah terhadap apa yang kamu makan karena makanan Anda akan menjadi bagian dari tubuh Anda. Inilah 11 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi versi digiku.com :

1.  Buah-buahan

Buah-buahan pada umumnya kaya akan mineral, vitamin, serat, antioksidan, dan ada juga yang banyak mengadung asam lemak omega-3. Buah-buahan organik jauh lebih baik daripada buah-buahan non-organik. Contoh buah-buahan yang kaya akan zat-zat gizi, seperti: kurma, tomat (pimpinan vit C dan A), jeruk, pisang, apel, aneka berri (blueberi, strawberi, kranberi, ceri).

2.  Sayuran

Sama dengan buah-buahan, sayur-sayuran juga pada umumnya kaya akan mineral, vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3. Sayuran hijau lebih kaya akan zat-zat gizi daripada sayuran non hijau. Sayuran hijau dan buah yang organik sangat direkomendasikan untuk menjadi kunci utama dan pertama dari kesehatan tubuh. Contoh sayuran yang kaya akan zat-zat gizi, seperti: wortel, bayam, kembang kol, brokoli, buncis, daun singkong, dan daun pepaya.

3.  Serealia utuh

Serealia utuh memiliki kandungan serat, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, seng, dan zat besi yang tinggi. Kandungan gizi serealia utuh lebih lengkap daripada tepung olahan. Selain itu, serealia utuh juga lebih mengenyangkan. Contoh serealia utuh, seperti: jagung, gandum utuh, oat utuh, bulgur-sorgum, jelai, beras cokelat,  dan beras.

4.  Ikan laut

Konsumsi ikan laut sangat baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak anak dan balita. Selain itu konsumsi ikan laut bisa mencegah penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan ikan laut seperti memiliki tinggi asam lemak omega 3. Contoh ikan laut, seperti: salmon, tuna, dan makarel

5.  Ikan air tawar dan payau

Tidak hanya ikan laut saja yang baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak, ikan air tawar dan payau pun juga baik untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya ikan merupakan lauk hewani yang memiliki kandungan asam amino yang lebih banyak dan memiliki hanya sedikit kandungan lemaknya. Contoh ikan air tawar dan payau, seperti: bandeng, lele, kembung, patin,gurame, dan lain-lain.

 6.  Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin sekaligus memiliki kandungan asam amino yang paling lengkap. Namun, pada kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, perlu dibatasi mengkonsumsi kuning telur. Putih telur sangat baik untuk perkembangan sel-sel tubuh, direkomendasikan untuk ibu-ibu hamil.

7.  Ayam dan Daging

Ayam yang diberi pakan alami dan bergizi, seperti jagung (bukan pakan pabrikan), lebih baik kandungan gizinya. Ayam kampung memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada ayam ras. Begitu pula dengan sapi yang diberi pakan ternak alami dan bergizi, seperti rumput yang baik, ampas kedelai, dagingnya memiliki kandungan yang lebih baik daripada yang diberi pakan pabrikan.

8.  Susu sapi murni

Sama seperti sebelumnya, sapi yang diberi pakan alami dan bergizi, maka semua hasilnya, termasuk susu dan dagingya memiliki kandungan yang lebih baik. Susu sapi murni memang harus dimasak terlebih dahulu untuk mematikan bakter-bakterinya, akan tetapi harus dihindari proses pemasakan susu sapi yang bisa mengurangi kandunga gizinya. Masakalah dengan api yang sangat kecil dan sampai mendidih. Susu sapi murni yang dimasak dengan baik jauh lebih baik daripada susu bubuk atau susu cair kemasan. Susu sapi memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral (terutama kalsium) yang tinggi.

9.  Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan, potasium, kalsium, zat besi, fosfor, dan vit C. Bawang putih dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL, tekanan darah, dan mencegah kanker perut dan usus. Namun, perlu diingat mengkonsumsi bawang putih bisa menimbulkan bau badan. Oleh karena itu, pegkonsumsian bawang putuh biasanya diimbangi dengan buah apel yang bisa menetralisir efek bau badan.

10. Yogurt

Yogurt merupakan susu yang difermentasikan. Seperti yang sudah disinggung pada sebelumnya, tentang susu sapi murni maka dapat disimpulkan bahwa yogurt pun demikian pula. Yogurt memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Pengkonsumsian yogurt yang cukup dan tidak berlebih bisa memberikan efek awet muda.

11. Minyak sehat

Selain bahan makanannya, Anda juga harus teliti dengan penggunaan minyak untukk memasaknya. Penggunaan minyak dengan jenis tekanan tinggi dan cenderung mengandung lemak jenuh dan lemak trans, bisa mengurangi secara berarti kandungan gizi pada bahan makanan. Gunakanlah minyak dengan kandungan lemak tidak jenuh, seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak bunga matahari, minyak salad, dan minyak jagung.

Sumber :

  1. Drescher LS, Thiele S, Mensink GBM. 2007. A New Index To  Measure Healthy Food Diversity Better Reflects A Healthy Diet Than Traditional Measures. Journal of Nutrition, 137: 647-651.
  2. Kramer RF, Coutinho AJ, Vaeth E, Christiansen K, Suratkar S, Gittelsohn J. 2012. Healthier home food preparation methods and youth and caregiver psychosocial factors are associated with lower BMI in African American youth. Journal of Nutrition, 142(5): 948-54.