9 Makanan Khas Surabaya Terpopuler

rujak cingur surabayarujak cingur - credit to tempatberwisatamurah.com

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan memiliki banyak jenis makanan khas mulai dari jajanan sampai makanan berat. Tempat-tempat kuliner pun banyak kita jumpai di sepanjang jalan. Berikut ini disajikan 9 Makanan Khas Surabaya Terpopuler versi digiku.com :

 

  1. Rujak cingur
rujak cingur surabaya

rujak cingur – credit to tempatberwisatamurah.com

Rujak cingur merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang banyak digemari oleh masyarakat tidak hanya di Jawa namun di berbagai kota di Indonesia. Makanan ini berisi campuran sayuran, tempe, tahu, lontong dan kemudian ditambahkan bumbu petis yang sangat gurih. Bumbu petis tersebut dibuat dari beberapa rempah-rempah yang diulek bersama-sama seperti kacang tanah goreng, cabai rawit, garam, gula merah, pisang batu, air asam, petis. Yang membuat khas dari rujak cingur adalah irisan cingur atau tulang rawan sapi yang direbus dengan bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit dan daun salam dan kemudian cingur tersebut digoreng dalam wajan tertutup2).

 

  1. Rawon

Rawon merupakan sup dengan bumbu khas seperti kluwek yang membuat warna kuah rawon ini menjadi kehitam-hitaman. Biasanya rawon disajikan dengan nasi, tauge kecil dan sambal2). Selain itu, rawon biasanya dilengkapi dengan potongan daging yang sudah direbus sebelumnya. Bumbu yang digunakan seperti daun bawang, bawang merah, daun jeruk, serai, garam, gula, merica, ketumbar, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, dan asam jawa7).

 

  1. Lontong balap

Makanan khas Surabaya yang satu ini memiliki beberapa kekhasan. Selain dari namanya, kuah lontong balap terbuat dari kaldu dan kuah taoge goreng didominasi oleh rasa tauco yang membuat rasanya lebih gurih. Selain itu, tahu balap juga cenderung gurih dan pedas karena sambal petisnya. Pelengkap lontong balap biasanya ditambahkan lentho. Lentho terbuat dari kacang merah atau kacang beras yang dibentuk seperti perkedel dan digoreng garing4). Pelengkap lontong balap yang lain adalah satai kerang yang dibuat dari kerang yang direbus namun tanpa dibakar seperti kebanyakan satai pada umumnya. Tambahan sambal kecap atau sambal cabai rawit membuat makanan satu ini semakin nikmat6).

 

  1. Tahu tek-tek

Disebut tahu tek-tek karena penjualnya selalu memukul-mukul penggorengan yang berbunyi tek-tek. Cara mengiris lontong dan tahu menjadi ciri khas tahu tek-tek karena lontong dan tahu tidak diiris dengan pisau melainkan dengan gunting sehingga ada juga yang menyebut tahu gunting. Bumbu yang digunakan seperti kacang tanah goreng, petis, bawang putih,cabe rawit dan garam. Bahan utama yang digunakan antara lain tauge, lontong, tahu putih yang digoreng setengah matang, kentang dan telur5).

 

  1. Nasi bebek

Jika kita berkunjung ke Surabaya, banyak sekali kita temui warung nasi bebek. Tak heran jika nasi bebek menjadi salah satu icon kota ini. sekarang masakan ini sudah bervariasi baik dari sambalny, cara memasaknya maupun cara penyajiannya. Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica butiran, jahe, kunyit, daun jeruk, lengkuas, kemiri,garam, dan cuka. Cuka digunakan untuk melumuri bebek sebelum dimasak5).

 

  1. Sop kikil

Sop kikil berbahan utama kikil atau kaki sapi. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat sop pada umumnya bedanya sop kikil menggunakan kikil sapi. Kaldu dari rebusan kaki sapi digunakan sebagai kuah dari sop kikil. Bumbu yang digunakan antara lain cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumar sangrai, jinttan sangrai, kemiri sangrai, serai, daun jeruk, dan jeruk nipis. Sebaiknya sop kikil disajikan selagi panas8).

 

  1. Kupang lontong

Bahan utama yang digunakan adalah kupang dan lontong. Kupang merupakan sejenis kerang laut yang bentuknya kecil2). Bahan dan Bumbu yang digunakan dalam membuat kupang lontong antara lain jeruk nipis, bawang putih, gula pasir, cabai rawit, tahu goreng, sate kerang, lentho, petis kupang, dan bawang goreng3).

 

  1. Tahu telur

Tahu telur dibuat dengan menggoreng tahu yang dicampur dengan telor kemudian disiram dengan bumbu dan ditaburi dengan daun seledri, tauge, dan kecap manis. Bumbu tahu telur terbuat dari bawang putih, kacang tanah goreng, cabai rawit dan petis1).

 

  1. Daging shankel

Daging shankel juga merupakan salah satu makanan khas dari Surabaya. Terdapat berbagai macam rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan daging shankel seperti lada putih, lada hitam, pala, ketumbar, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan terasi. Bahan utamanya adalah daging shankel. Daging shankel tersebut harus direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa darah dan kotoran didalamnya1).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Asti BM & Nurisysyafa’ah L. 2009. Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari Sabang sampai Merauke. Jakarta: Media Pressindo
  2. Khadavi R. 2008. Atlas Kuliner Nusantara: Makanan Spektakuler 33 Provinsi. Jakarta: Bukune
  3. Prayitno S & Susanto T. 2001. Kupang dan Produk Olahannya. Yogyakarta: Kanisius
  4. Redaksi AgroMedia. 2008. Tempat Makan Favorit di Enam Kota. Jakarta: AgroMedia
  5. Sanaji M. 2008. Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Surabaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  6. Sukrama U. 2009. Aneka Ragam Khas: Jawa Timur. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa
  7. Tedjokusuma P. 2009. 525 Kumpulan Resep Mak Nyuus!. Yogyakarta: Media Pressindo
  8. Yasa Boga. 2005. Sop & Soto: Segar, Sedap dan Mantap. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama