6 Makanan Khas Korea Selatan Terpopuler

Image courtesy of Rakratchada/ FreeDigitalPhotos.net

Sudah lebih dari 10 tahun, hal-hal yang terkait negara Korea Selatan hampir menjadi favorit pemuda-pemudi Indonesia. Berawal dari film-film drama Korea Selatan, kemudian bahasa Korea Selatan, kini Makanan Khas Korea Selatan menjadi incaran para penggemar Korea Selatan. Korea Selatan merupakan salah satu surganya makanan sehat dan bergizi di dunia1). Bagi negara yang terkenal dengan julukan negeri Ginseng ini, makanan merupakan pengobatan yang paling baik karena mereka meyakini obat dan makanan berasal dari sumber yang sama2). Makanan Khas Korea Selatan yang berwarna-warni bukanlah suatu kebetulan. Hal ini dikarenakan bangsa Korea Selatan meyakini bahwa makanan yang banyak mengandung mengandung unsur warna sangat kaya akan zat-zat gizi2). Bangsa Korea Selatan juga memegang teguh dalam hal menyajikan makanan dengan tampilan yang sangat cantik2). Inilah 6 Makanan Khas Korea Selatan Terpopuler versi digiku.com :

1.   Kimchi1)2)

Sekarang ini, kimchi atau acar sawi putih sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia melalui film-film Korea Selatan. Kimchi merupakan makanan khas Korea Selatan yang harus selalu ada pada setiap waktu makan. Makanan khas Korea Selatan yang sudah berumur lebih dari 1000 tahun ini, dapat digunakan sebagai hidangan utama ataupun sebagai hidangan sampingan. Kimchi terbuat dari kubis yang difermentasi. Kimchi juga dicampur dengan bubuk cabe, bawang merah, bawang putih, daun bawang, jus pir dan campuran bumbu lainnya. Kimchi juga termasuk salah satu makanan tersehat di dunia.

 2.    Bulgogi1)2)3)

Bulgogi/ Maekjeok hampir mirip dengan ‘beef terayaki’ dari Jepang. Bulgogi berbahan dasar daging sapi yang ditumis atau dipanggang. Bulgogi biasa disajikan dengan nasi, kimchi, dan ikan panggang. Bulgogi merupakan makanan khas Korea Selatan yang hampir menyamai kepopuleran Kimchi. Umur bulgogi juga sudah mencapai ribuan tahun. Pada zaman dahulu, bulgogi disajikan untuk Raja Korea Selatan. Rasa bulgogi bisa dibilang cocok dengan lidah orang Indonesia. Oleh karena itu, bulgogi menjadi menu andalan restoran Korea Selatan di Indonesia.

 3.   Bibimbap1)2)

Bibimbap dalam bahasa Korea Selatan artinya adalah ‘nasi campur’. Bibimbap merupakan makanan khas Korea dari kota Jeonju yang berbahan dasar nasi yang dilengkapi dengan aneka sayuran warna-warni, jamur dan lauk hewani berupa daging sapi atau telur. Sayuran warna-warni tersebut seperti wortel, mentimun, kol ungu dan lobak. Bibimbap dinikmati dengan saus sambal khas Korea Selatan, yaitu ‘gochujang’. Bibimbap disajikan dengan tampilan yang sangat cantik dan menarik dengan tujuan agar bisa menigkatkan selera makan. Bibimbap diaduk terlebih dahulu sebelum disantap. Bibimbap disajikan di dalam mangkok berbahan logam atau bisa juga di dalam panci batu kecil dengan tujuan agar bisa tetap hangat pada saat dinikmati. Bibimbap juga termasuk makanan sehat dari Korea Selatan.

 4.   Kimbap1)

Kimbap hampir mirip dengan sushi dari Jepang. Kimbap merupakan makanan khas Korea Selatan berupa nasi yang dibalut dengan rumput laut yang ditambah dengan sayuran dan daging sapi atau seafood. Kimbap biasa dibawa pada saat piknik atau bepergian. Dalam versi klasik, kimbap, disajikan dengan Kimchi yang diolesi dengan minyak wijen.

 5.   Samgyetang2)

Samgyetang atau Sup Ayam Ginseng, sudah bisa diketahui bahan utamanya adalah ayam dan ginseng yang dibumbui dengan rempah-rempah. Pada samgyetang versi tradisional, ayam yang sudah dibersihkan diisi penuh dengan nasi ketan, akar ginseng, dan bawang putih. Kemudian ayam isi tersebut direbus selama satu jam di dalam air kaldu ayam yang ditambah dengan ginseng dan rempah-rempah lainnya. Samgyetang memiliki khasiat untuk mengembalikan stamina dari kelelahan dan keletihan.

 6.   Miyeokguk1)

Miyeokguk atau Sup Rumput Laut1) merupakan makanan wajibnya orang Korea Selatan pada saat ada acara-acara/momen penting, seperti perayaan ulang tahun, saat ada orang sakit, dan perayaan besar bangsa Korea Selatan. Sama seperti Samgyetang, Miyeokguk juga memiliki khasiat untuk memulihkan dan menjaga stamina tubuh.  Miyeokguk terbuat dari rumput laut kering, daging sapi atau udang cincang, yang dibumbui dengan bawang putih, gochujang (saus sambal khas Korea Selatan), dan minyak wijen. Aroma khas minyak wijen ini berfungsi untuk meningkatkan selera makan.

 

Sumber :

  1. Ramadhiani SB. 2012. Korean Chingu. Jakarta: Tangga Pustaka
  2. Kaunang KC. 2010. Rp 3 Juta Keliling Korea Dalam 9 Hari. Yogyakarta: B-First.
  3. Antrie, Sitta. 2011. Korea Fever. Jakarta: Wahyu Media.