4 Kunci Utama Pola Hidup Sehat Yang Perlu Anda Terapkan

Image courtesy of Vichaya Kiatying-Angsulee/ FreeDigitalPhotos.net

Setiap individu memiliki pola hidup atau gaya hidup yang berbeda-beda dan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Pola hidup yang dijalani di dalam keseharian inilah yang memberikan efek pada kesehatan1). Jika Anda memiliki pola hidup sehat maka kesehatan Anda cenderung lebih baik sedangkan jika pola hidup Anda kurang baik maka Anda cenderung memiliki kesehatan yang lebih buruk. Pada era modern seperti sekarang ini, pola hidup manusia kebanyakan memiliki potensi rawan terhadap kesehatan. Oleh karena itu, bagi Anda yang tetap ingin memiliki kesehatan yang baik mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat. Inilah 4 Kunci Utama Pola Hidup Sehat Yang Perlu Anda Terapkan versi digiku :

1.    Miliki pola makan yang sehat dan teratur1)

Diantara Anda mungkin ada yang pernah mendengar pepatah “You are what you eat”. Tidak bisa dipungkiri bahwa pola hidup sehat sangatlah ditentukan oleh apa yang Anda makan sehari-hari1). Hindarilah makanan tinggi lemak, siap saji, dan olahan karena bisa merangsang timbulnya penyakit degeneratif2). Selain itu, bukan hanya jenis makanan dan minuman saja tapi juga terkait dengan jumlah porsi dan waktu konsumsi memiliki peran penting terhadap kondisi kesehatan Anda baik untuk jangka waktu pendek maupun panjang.

2.    Lakukan Olahraga secara rutin1)

Setelah pola makan sehat dan teratur, menjalani olahraga rutin dan teratur juga menunjang pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan olahraga merangsang produksi hormone yang terkait dengan metabolism tubuh, seperti hormone anti-insulin1). Selain itu olahraga juga penting untuk membakar kelebihan lemak tubuh dan meningkatkan kebugaran tubuh.

3.    Istirahat yang cukup dan berkualitas2)

Banyak orang yang suka meremehkan istirahat sehingga banyak yang bergadang sehingga kurang tidur. Hindarilah agar tidak kekurangan waktu istirahat karena tubuh akan merasakan kelelahan2). Istirahat sangatlah pentng untuk kesehatan. Kita perlu memiliki istirahat yang cukup dan teratur terutama tidur malam. Hal ini dikarenakan pada waktu tidur malam, tubuh memproduksi imunitas tubuh yang hanya bisa dilakukan pada saat kita terlelap tidur.

4.    Perilaku positif3)

Hidup ini tidak ada yang statis, kehidupan cenderung dinamis. Ada sebagian orang yang awalnya bisa menerapkan pola hidup sehat namun ketika kehidupannya berubah entah karena status ekonominya, sosialnya, atau yang lainnya, mereka tidak lagi bisa melakukan pola hidup sehat. Dengan selalu berperilaku positif termasuk berpikir positif inilah yang bisa menjadi solusi agar Anda tetap bisa menerapkan pola hidup sehat sekaligus kehidupan Anda sedang dalam kondisi tidak baik.

Sumber :

  1. Irwansyah, dkk. 2008. Pendidikan Jasmani. Bandung: Grafindo Media Pratama.
  2. Yatim FL. 2005. Waspadai Jantung Koroner, Stroke, Meninggal Mendadak: Atasi Dengan Pola Hidup Sehat. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
  3. Nafsiah S. 2000. Prof. Hembing Pemenang The Star of Asia Award: Pertama Di Asia Ketiga Di Dunia. Jakarta: Gema Insani.