17 Cara Menurunkan Berat Badan

Image courtesy of Ambro/ FreeDigitalPhotos.net

Menurunkan berat badan tidak harus dilakukan dengan cara yang ribet sebagaimana yang dijalani oleh kebanyakan orang. Banyak orang berhenti berusaha menurunkan berat badan dan melupakan impian berat badan ideal mereka. Padahal banyak sekali keuntungan bila Anda berhasil memiliki berat badan ideal. Salah satu manfaatnya adalah terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung serta sangat baik pada pengendalian tekanan darah, lemak, dan gula darah1) Selain itu, menurunkan berat badan juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut. Percayalah, ketika Anda sudah memiliki berat badan ideal maka dengan sendirinya Anda telah mengurangi beban kehidupan Anda sendiri. Program menurunkan berat badan yang efektif merupakan kombinasi mengatur asupan, aktivitas fisik, dan perilaku2). Inilah 17 Cara Menurunkan Berat Badan versi digiku yang sangat mudah untuk Anda terapkan :

1.  Konsumsi banyak sayur dan buah

Buah dan sayur mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membantu melancarkan pembuangan air besar. Selain itu, buah dan sayur mengandung tinggi vitamin dan mineral serta rendah kalori. Konsumsi sayur dan buah yang banyak tidak akan menyebabkan kegemukan kecuali alpukat, durian, dan pisang. Konsumsi buah dan sayur organik lebih baik.

2.  Minum banyak air putih

Banyak minum air putih selain untuk menjaga kesehatan, bisa juga untuk menahan nafsu makan yang berlebihan. Minumlah minimal 8 gelas dalam sehari. Air minum yang dimasak sendiri lebih baik

3.  Nasi jadi kentang rebus

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang lebih banyak ketimbang kentang. Jadi, gantilah nasi Anda sementara waktu dengan kentang rebus. Kentang rebus biasa dikenal sebagai makanan pokok orang-orang yang sedang diet menurunkan berat badan.

4.  Kurangi konsumsi makanan berminyak

Makanan yang diolah dengan digoreng cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi. Oleh sebab itu, kurangilah secara berarti makanan yang digoreng.

5.  Hindari minyak dengan tekanan tinggi

Gantilah minyak goreng Anda dengan minyak yang lebih baik seperti minyak jagung, minyak canola, dan minyak salad. Minyak-minyak tersebut mengandung lemak tidak jenuh sehingga cenderung menyehatkan.

 6.  Hindari makanan berkalori tinggi

Hindarilah makanan berkalori tinggi seperti kue-kue, es krim, cokelat, kulit ayam, permen, dan sebagainya. Makanan berkalori tinggi biasanya ada pada cemilan-cemilan. Oleh sebab itu, gantilah cemilan Anda dengan buah-buahan dan sayuran yang sehat. Jus buah lebih baik daripada cemilan berkalori tinggi, tetapi buah dan sayur yang dikunyah langsung jauh lebih baik daripada jus.

7.  Memasak sendiri

Apabila Anda membeli makanan, Anda tidak akan dapat mengatur bahan-bahan dan pengolahannya. Masaklah makanan Anda sendiri karena Anda dapat mengatur kalori yang ada pada makanan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih pengolahan makanan yang lebih baik. Makanan yang dimasak sendiri cenderung lebih sehat, bergizi, bersih dan hemat.

8.  Makanlah dengan perlahan

Kunyahlah makanan secara perlahan dan agak lama. Hal ini dapat membantu meringankan kerja lambung dan usus sehingga mengurangi risiko penyakit pencernaan. Selain itu, makan dengan perlahan mencegah Anda menambah porsi makan.

9.  Makanlah beberapa kali tapi dengan porsi kecil

Di Indonesia, secara umum kita mengenal waktu makan ada tiga kali, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Sesungguhya, hal ini bukanlah aturan mutlak. Anda bisa memiliki frekuensi makan sampai 5 kali dengan catatan porsi yang kecil. Yang terpenting adalah jumlah asupan kalori tidak berlebihan.

10. Gunakanlah peralatan makan yang lebih kecil

Ini merupakan teknik untuk menyiasati agar tidak makan berlebihan. Gunakan piring yang lebih kecil untuk porsi makanan terutama karbohidrat dari nasi. Gelas kecil membantu mengurangi konsumsi jenis minuman yang mengandung kalori tinggi. Sendok kecil bisa menahan Anda cepat menghabiskan makanan di piring.

11. Ketepatan waktu makan

Jangan pernah sekalipun untuk melewatkan waktu makan terutama sarapan. Hal ini bisa mengakibatkan balas dendam pada waktu makan yang lain. Makanlah tepat waktu. Dan perlu diingat pula, jangan makan malam lewat dari jam 7 malam.

12. Menghitung dan mencatat jumlah asupan kalori

Dengan tetap menghitung kalori yang dikonsumsi maka dengan mudah Anda bisa mengontrol asupan kalori. Hal ini juga bisa mencegah Anda mengkonsumsi asupan kalori yang berlebihan. Rekaman jejak ini sebagai catatan kepatuhan terhadap program menurunkan berat badan ini. Anda bisa mengatur bila hari kemarin Anda tidak bisa menahan asupan berlebih maka asupan kalori hari berikutnya harus bisa menyeimbangkannya.

13. Catatlah makanan dan minuman yang Anda makan

Pencatatan makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat membantu untuk mengontrol jenis makanan tertentu.

14. Buat daftar

Buatlah daftar makanan yang harus banyak dikonsumsi, diganti, dikurangi, dan dihindari. Tempelkan daftar-daftar itu di meja makan, kulkas, dan kamar Anda.

15. Olahraga

Selain bisa membakar lemak berlebih, olahraga juga bisa mengencangkan kulit dan membentuk tubuh Anda. Program menurunkan berat badan tanpa olahraga sama sekali cenderung menimbulkan selulit dan otot yang lembek. Pilihlah olahraga yang menyenangkan dan ringan namun mampu membakar banyak kalori seperti berenang, jogging, dan senam aerobik.

16. Tetapkan target berat badan ideal

Tetapkan berat badan ideal yang ingin Anda capai. Kemudian, tulislah angka berat badan itu dan tempatkan di banyak area rumah Anda. Dengan begitu, Anda akan selalu mengingat dan bersemangat untuk mencapai berat badan ideal tersebut.

17. Tanamkan dengan kuat impianmu dan ceritakanlah kepada banyak orang

Dengan terus membuat pikiran Anda pada tujuan untuk menurunkan berat badan maka secara tidak langsung Anda telah menanamkan keyakinan pada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa menurunkan berat badan. Kemudian ceritakanlah akan keinginan Anda itu untuk menurunkan berat badan sehingga ketika Anda sendiri lupa atau menyerah maka orang-orang Anda ceritakan sebelumnya bisa menjadi pengingat dan penyemangat Anda.

Sumber :

  1. Saltzman E, Das SK, Lichtensteins AH, Dallal DE, Corrales A, Schaefer EJ, Greenberg AS, Robert SD. 2001. An Oat–Containing Hypocaloric Diet Reduces Systolic Blood Presure and Improves Lipid Profile Beyond Effects of Weight Loss in Men and Women. Journal of Nutrition, 131(5): 1465-170.
  2. Keim NL, Van Load MD, Horn WF, Barbieri TF, Mayclin Pl. 1997. Weight loss is greater with consumption of large morning meals and fat-free mass is preserved with large evening meals in women on a controlled weight reduction regimen. Journal of Nutrition, 127(1): 75-82.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 8 Cara Mengecilkan Paha

Comments are closed.