17 Cara Mengecilkan Perut

Image courtesy of Maya Picture/ FreeDigitalPhotos.net

Cara mengecilkan perut bukanlah perkara yang sulit bila kita tahu cara yang tepat dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Namun, banyak orang yang gagal untuk mengecilkan perut. Bagi Anda yang sudah berkali-kali gagal mengecilkan perut, janganlah berputus asa. Tetaplah menjaga keinginan Anda untuk bisa mengecilkan perut karena “Semakin Besar Lingkar Perut Semakin Besar Risiko Terkena Penyakit”. Selain itu, penurunan lemak perut akan membantu mengurangi persentase lemak tubuh Anda secara keseluruhan. Perut buncit atau kelebihan lemak perut meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit kanker, penyakit jantung, hipertensi/ tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, dan juga penyakit yang terkait dengan risiko penyakit kanker1). Oleh karena itu, segeralah wujudkan perut ideal Anda dan cegahlah kedatangan penyakit yang dikarenakan perut buncit sedini mungkin. Inilah 17 Cara Mengecilkan Perut versi digiku.com :

1.    Pola Hidup Sehat

Cara pertama dan terpenting untuk mengecilkan perut adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat terdiri dari asupan bergizi, aktivitas fisik, istirahat yang cukup, dan hindari hal-hal yang bisa menggangu kesehatan.

2.    Minum banyak air putih4)

Sudah diketahui oleh masyarakat umum tentang manfaat air putih untuk kesehatan. Khusus untuk tujuan mengecilkan perut, air putih bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu Anda untuk menekan nafsu makan berlebih.

3.    Konsumsi berbagai makanan sehat sepanjang hari seperti :

  • makanan segar
  • buah dan sayuran hijau2)
  • biji-bijian, kacang-kacangan
  • produk susu rendah lemak
  • makanan rendah kalori
  • makanan tinggi protein, seperti: ikan, telur, tahu, dan dada ayam
  • makanan rendah lemak jenuh
  • kabrohidrat tinggi serat, seperti produk-produk gandum2)

4.    Kurangi jenis makanan, seperti :

  • garam
  • saus pedas

5.    Hindari jenis makanan dan minuman, seperti:

  • gula dan karbohidrat sederhana, seperti: kue, biskuit, kerupuk, keripik, roti putih dan permen2)
  • makanan junk food dan sumber lemak jenuh, seperti: minyak, mentega, ayam, sosis, dan hot dog2)
  • makanan yang mengandung soda
  • makanan yang putih, seperti gula, tepung, pasta dan beras. Gantilah dengan biji-bijian, beras merah dan madu atau nektar agave untuk pemanis
  • lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cabai, bawang, sawi, lobak, dan makanan asam seperti saus, saus tomat, dan cuka
  • minuman rendah kalori yang tidak sehat, seperti jus buatan, soda, minuman olahraga, minuman ringan dan minuman berkarbonasi
  • merokok dan minuman beralkohol4)
  • obat-obatan yang bisa memicu masalah perut

6.    Jangan lewatkan waktu makan terutama sarapan

Bila Anda melewati waktu makan, terutama sarapan, maka Anda berisiko untuk melakukan ‘balas dendam’ pada saat waktu makan siang dan malam. Dan tindakan ‘balas dendam’ ini bisa mengakibatkan kuantitas yang Anda makan akan berlebih.

7.    Jangan makan malam lewat dari jam 7 malam

Sering terlambat mengkonsumsi makan malam dapat mengakibatkan penimbunan lemak perut yang berlebih sehingga tidak baik bagi Anda yang menginginkan perut ideal.

8.    Frekuensi makan lebih sering tetapi porsi lebih kecil

Pada umumnya, orang senang untuk sering mengkonsumsi makanan. Namun, hal ini tidak baik apabila porsi dalam setiap kali makan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, ambilah porsi makan dalam jumlah kecil tetapi dengan frekuensi lebih sering.

9.    Hindari makan terlalu cepat

Sebelum ditelan, setidaknya kunyahlah makanan sebanyak 30 kali. Hal ini diajurkan agar makanan bercampur dahulu dengan air liur sehingga memudahkan kerja lambung dan usus pencernaan.

10.   Olahraga

Cara klise, tapi tetap tidak bisa diabaikan. Rahasianya adalah konsisten, disiplin, dan pemilihan jenis olahraga yang tepat, seperti :

  • lari pagi
  • lompat tali
  • sit up
  • aerobik secara teratur dan intensif2)
  • yoga jenis agnisara3)
  • jog ringan selama lima menit, kemudian berjalan cepat selama 30 detik

11.   Istirahat yang cukup

Apabila Anda kurang tidur maka akan kecil kemungkinannya bagi Anda untuk berolahraga dan bisa menyebabkan mengkonsumsi makanan yang tidak baik. Kurang tidur dapat mengubah hormon yang mengatur nafsu makan .

12.   Perencanaan dan Pengawasan

Usaha mengecilkan perut juga perlu didukung dengan tindakan merencanakan dan mengawasi jumlah kalori yang dikonsumsi per hari sesuai kebutuhan gizi Anda agar asupan tidak berlebih sehingga bisa mencegah penimbunan lemak perut yang tidak diinginkan.

13. Motivasi

Mendidik diri sendiri pada risiko yang terkait dengan kelebihan lemak perut. Hal ini bisa meningkatkan motivasi untuk mengecilkan perut.

14.   Pengobatan alternatif akupunktur

Cara ini sekarang sudah sangat banyak digunakan oleh orang-orang. Akupunktur itu sendiri tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan dan kebugaran tubuh.

15.   Hindari sembelit

Sembelit didefinisikan sebagai buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Isilah perut Anda dengan makanan berserat tinggi.

16.   Hindari stres4)

Dengan menghindari stres, Anda sudah mencegah konsumsi yang tidak terkendali dan mendukung pola hidup sehat yang ingin Anda terapkan

17.   Selalu membayangkan perut ideal yang Anda inginkan

Cara ini bisa membantu Anda untuk mencegah melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan usaha mengecilkan perut gagal atau ketika motivasi Anda sedang rendah.

Sumber :

  1. Maki KC, Reeves M, Farmer M, Yasunaga K, Matsuo N, Katsuragi Y, Komikado M, Tokimitsu I, Wilder D, Jones F, Blumberg J, Cartwright Y. 2009. Green Tea Catechin Consumption Enhances Exercise-Induced Abdominal Fat Loss. Journal of Nutrition, 139(2): 264-270.
  2. Santoso LD. 2010. Rahasia Diet 2: The Home Gym. Jakarta: Libri.
  3. Wiadnyana WS. 2010. The Power of Yoga for Middle Age. Jakarta: Grasindo.
  4. Tim Penulis Plus. 2009. 260 Tips Seputar Kecantikan. Jakarta: Penebar Plus.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 8 Cara Mengecilkan Paha

Comments are closed.