8 Cara Mengecilkan Paha

Image courtesy of Stockimages/ FreeDigitalPhotos.net

Banyak orang memiliki keluhan lemak di bagian tubuh tertentu, seperti: perut buncit, pipi tembem, paha besar, betis besar, dan sebagainya. Setelah keluhan perut buncit, paha besar merupakan keluhan selanjutnya. Banyak orang, terutama wanita, membakar lemak dengan tujuan untuk mengecilkan perut dan mengecilkan paha. Hal ini dikarenakan, perut buncit dan paha besar dapat mengganggu kepercayaan diri Anda. Sebelumnya, perlu Anda ketahui, tidak seperti perut buncit yang memiliki risiko penyakit, paha besar malah sebaliknya. Paha besar memiliki faktor risiko yang rendah terhadap penyakit Diabetes tipe 21). Akan tetapi, orang yang memiliki paha besar cenderung memiliki berat badan yang lebih besar dan perut yang lebih buncit dibandingkan dengan paha yang lebih kecil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, badan gemuk dan perut buncit yang memiliki faktor risiko terhadap banyak penyakit degeneratif. Inilah 8 Cara Mengecilkan Paha versi digiku.com :

1.   Asupan-Aktivitas Seimbang

Antara asupan dan aktivitas harus seimbang. Arti dari seimbang disini tidaklah sama rata. Artinya, ketika Anda mengkonsumsi jenis makanan tertentu dan dengan jumlah tertentu maka aktivitas untuk menyeimbangkan total kalori yang dikonsumsi. Hal ini jauh lebih baik daripada bulimia. Aktivitas setelah mengkonsumsi daging-dagingan harus lebih tinggi daripada aktivitas setelah mengkonsumsi ikan. Jenis daging pun beraneke ragam, daging sapi memiliki lemak yang lebih tinggi daripada daging ayam. Selain itu, secara kuantitatif, aktivitas juga ikut dipengaruhi. Bila Anda lakukan dengan disiplin maka berat badan dan bentuk tubuh Anda akan proporsional.

2.   Gerakan Fisik Seluruh Tubuh

Telah terjadi kesalahpahaman dimana orang kebanyakan hanya terfokus untuk melakukan gerakan pada area-area tertentu saja untuk diperbaiki. Tepatnya, hal itu juga harus dilakukan pada tubuh Anda secara menyeluruh dan bukan hanya bagian-bagian yang menjadi target Anda yang akan berhasil tetapi bagian tubuh yang banyak konsentrasi lemaknya pun juga akan ikut mengecil. Contoh : berenang, jogging, berlari, bersepeda.

3.   Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat efektif untuk membakar lemak. Berenang juga tidak membuat Anda bosan karena berenang termasuk olahraga yang mengasyikkan. Hal inilah yang membuat olahraga seperti berenang mampu membakar banyak lemak karena kebanyakan orang bisa tahan lama berenang. Selain itu berenang juga membutuhkan pengeluaran energi yang cukup besar.

4.   Tinggi zat gizi-Rendah kalori

Konsumsilah makanan yang kaya akan zat-zat gizi tetapi rendah kalori. Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan lemak yang merupakan perubahan hasil dari kalori yang berlebihan. Jenis makanan yang dimaksud seperti: buah-buahan, sayuran, ikan, dan serealia utuh. Sangat direkomendasikan untuk memakan buah apel, buncis, dan ikan salmon.

5.   Kencangkan Otot

Lakukan latihan-latihan untuk mengencangkan otot tubuh Anda. Jadwalkanlah minimal seminggu tiga kali. Latihan yang dimaksud seperti sit-up, kayang, posisi pesawat terbang. Latihan seperti ini memiliki dampak yang positif terhadap lingkar paha Anda.

6.   Jadikan Lingkar Paha Sebagai Indikator

Sempat disinggung sebelumnya kalau gerakan, latihan, dan olaharaga jangan hanya dilakukan pada bagian tubuh tertentu saja tetapi yang melibatkan seluruh tubuh. Namun perlu mengingat tujuan Anda adalah untuk mengecilkan paha. Oleh karena itu, jadikan lingkar paha sebagai indikator kesuksesan dari gerakan fisik yang Anda lakukan. Ukurlah lingkar paha Anda dengan menggunakan pita ukur seminggu sekali dan catatlah hasilnya pada buku catatan Anda agar bisa dipantau perkembangannya.

7.   Hindari asupan tertentu

Hindarilah jenis makanan yang tinggi kalori dan tinggi lemak. Contohnya adalah makanan cepat saji, makanan beku, gorengan, dan cemilan. Jenis makanan ini bisa menjadi penghambat kesuksesan Anda untuk mengecilkan paha. Memang jenis makanan ini cenderung banyak diminati karena rasa dan praktisnya. Carilah strategi jitu untuk menghindari jenis makanan tersebut. Ketika Anda berpikir mau mengkonsumsi makanan tersebut, carilah aktivitas untuk mengalihkan perhatian Anda.

8.   Kunjungi Sang Ahli

Untuk mendukung usaha Anda mengecilkan perut maka disarankan untuk berkonsultasi pada Ahli sesuai bidangnya. Tentang asupan gizi disarankan untuk mengunjungi Ahli Gizi. Anda bisa berkonsultasi dengan Ahli Gizi mengenai keinginan Anda dan mintalah dibuatkan Perencanaan Menu sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian tentang gerakan fisik, kunjungi Instruktur Fitness, Tutor Renang, dan sebagainya.

Sumber:

  1. Clifton PM, Noakes M, Keogh JB. 2004. Very low-fat (12%)  and high monounsaturated fat (35%) diets do not differentially affect abdominal fat loss in overweight, nondiabetic women. Journal of Nutrition, 134(7): 1741-1745.