6 Cara Menambah Berat Badan

Image courtesy of Ambro/ FreeDigitalPhotos.net

Sebagian orang banyak yang ingin menurunkan berat badan, tetapi ada pula sekelompok orang yang berusaha untuk menambah berat badan. Kedengarannya, menambah berat badan itu lebih mudah daripada menurunkan berat badan. Cara menambah berat badan bisa lebih mudah bahkan lebih lebih susah daripada menurunkan berat badan. Hal ini bergantung pada beberapa faktor, yaitu: tekad diri sendiri, riwayat masa lampau, kebiasaan makan, keluarga, aktivitas sehari-hari, dan gen di dalam tubuh1).

Inilah  6 Cara Menambah Berat Badan versi digiku.com :

1.   Tentukan target penambahan berat badan

Hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengetahui berat badan terkini dan berat badan ideal, lalu bisa menentukan target penambahan berat badan yang diinginkan.

2.   Konsumsi makanan yang bergizi tinggi

Pilihlah makanan yang memiliki kandungan zat gizi tinggi terutama pada kalori dan protein. Namun, tetap memperhatikan keseimbangan menu. Makanan yang mengandung kalori dan protein tinggi, seperti: daging, ayam, udang, cumi, telur, dan ikan. Pengolahan lauk hewani tersebut disarankan dengan digoreng memakai minyak nabati. Selain itu perlu juga untuk mengkonsumsi makanan cemilan (dalam batas tertentu), seperti: coklat, kacang tanah, margarin, kue-kue, dan es krim. Sedangkan untuk buah, konsumsilah alpukat sebagai lemak nabati yang baik.

3.   Hemat Energi

Serupa dengan sumber daya yang harus diirit maka pada manusia sumber daya berupa energi (tenaga) haruslah dipakai secara hemat. Hemat energi yang dimaksud disini bukan berarti Anda jadi bermalas-malasan. Akan tetapi, janganlah melakukan aktivitas yang tidak berguna terlebih lagi aktivitas yang menguras banyak tenaga.

4.   Jangan melewatkan waktu makan

Bagi orang yang ingin menambah berat badan, melewatkan waktu makan walau sekali saja merupakan hal yang akan menjadi hambatan untuk menambah berat badan. Dalam sehari, makan berat itu terbagi menjadi tiga, yaitu makan pagi (sarapan), makan siang, dan makan malam. Lalu ditambah dengan dua selingan, yaitu selingan pagi dan selingan sore. Waktu makan tersebut janganlah terlewat walau sekali saja.

5.   Rileksasi Pikiran dan Jangan Stres

Ketika orang sedang mengalami stress atau ketegangan pikiran, biasanya nafsu makan akan berkurang bahkan hilang. Selain itu, stress juga bias menguras energi dari tubuh Anda. Tenangkanlah pikiran Anda terutama saat menjelang waktu makan. Segera selesaikanlah permasalahan-permasalahan Anda agar tidak mengganggu jumlah asupan Anda sehari-hari.

6.   Kontrol berat badan

Sama dengan cara menurunkan berat badan, cara menambah berat badan pun juga membutuhkan monitoring secara rutin berkala terhadap perubahan berat badan. Bila perubahan berat badan tidak sesuai dengan target Anda, evaluasilah hal-hal yang yang sudah atau belum Anda lakukan, lalu perbaikilah secara bertahap.

Sumber:

1.  Freitag H, Prima O. 2010. Diet Seru Ala Remaja. Yogyakarta: Great! Publisher