9 Makanan Khas Padang Terpopuler

lamang tapai padangsumber: liputan6.com

Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat dengan penduduk asli dari suku minang kabau. Hal yang pertama diingat jika mendengar kata “Padang” adalah masakannya. Pedas dan berbumbu pekat merupakan ciri khas dari masakan padang. Bumbu utama yang sering digunakan adalah cabai. Rempah-rempah lain yang juga sering digunakan yaitu jahe, kunyit, serai, daun jeruk, dan daun kunyit. Selain itu, santan juga menjadi bahan masakan yang paling sering digunakan dalam masakan padang. Pemakaian bumbu yang banyak pada masakan padang dipengaruhi oleh kuliner India-Arab yang juga banyak menggunakan bumbu dala sajiannya. Daging sapi, ayam, ikan mas, daun singkong, kol, kacang panjang dan terong merupakan bahan pangan utama yang ada di dapur Padang2). Berikut ini disajikan 9 Makanan Khas Padang Terpopuler versi digiku.com :

1. Sate padang

sate-khas-padang

sumber: pegipegi.com

Sate padang menjadi salah satu makanan khas yang sangat digemari banyak orang. Biasanya sate terbuat dari daging ayam dan daging kambing, namun sate padang terbuat dari daging sapi, jeroan dan lidah sapi. Kemudian, perbedaan lain dari sate padang dengan sate lainya adalah kuahnya. Jika kebanyakan sate menggunakan kuah dari kacang dan gula, sate padang menggunakan kuah kuning yang kental dan gurih6).

2. Rendang

rendang padang

sumber: resepharian.com

Rendang merupakan makanan dengan bahan utama daging sapi dan bersantan kental. Tidak hanya orang Indonesia yang menyukai makanan ini, orang luar negeri juga banyak yang menyukainya. Tidak salah jika rendang pernah dinobatkan oleh CNNGo sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Makanan satu ini sangat digemari karena rasa bumbunya yang khas dan gurih. Asal usul rendang berawal dari tradisi orang minang yang suka merantau  atau berdagang di perjalanan yang banyak memakan waktu. Kemudian rendang sering dijadikan bekal karena makanan ini bisa dimakan dengan apa saja dan tidak mudah basi6).

3. Dendeng balado

dendeng balado padang

sumber: dapurpalma.com

Dendeng balado juga berbahan dasar daging sapi. Jika rendang biasanya dagingnya dipotong, kalau dendeng balado dagingnya diiris tipis sesuai serat. Kemudian dagingnya diungkep dengan berbagai macam bumbu lalu dagingnya dipukul-pukul hingga memar. Setelah itu, dibuat bumbu balado dengan cabai yang diulek kasar. Jika ingin lebih tahan lama, biasanya dagingnya dikeringkan terlebih dahulu3).

4. Ayam pop

ayam pop padang

sumber: resepumi.com

Banyak sekali olahan daging ayam yang sering kita temui, salah satunya adalah ayam pop. Bahan khas yang digunakan dalam pembuatan ayam pop adalah air kelapa. Setelah daging ayam dilumuri dengan bumbu yang dihaluskan, kemudian direbus menggunakan air kelapa dan rempah lain seperti daun salam, daun jeruk, jahe, serai dan lengkuas sampai empuk dan digoreng sebentar dalam minyak panas. Sebagai pelengkapnya adalah sambal yang terbuat dari cabai, tomat, bawang merah serta ditambahkan petai agar lebih nikmat5).

5. Lamang tapai

lamang tapai padang

sumber: liputan6.com

Lamang tapai menjadi salah satu cemilan yang disukai banyak orang. Lamang terbuat dari beras ketan putih yang yang dicampur santan, daun pandan, sedikit garam dan dimasak dalam bambu muda. Tapai merupakan tape beras ketan hitam yang difermentasi dengan ragi. Perpaduan antara lamang yang rasanya gurih serta tapai yang manis membuat makanan ini sangat menggugah selera1).

6. Keripik sanjai

keripik sanjai khas padang

sumber: ratukuliner.com

Salah satu makanan ringan khas dari Sumatera Barat adalah keripik sanjai. Keripik ini terbuat dari singkong yang diiris tipis-tipis. Kemudian keripik diberi bumbu-bumbu dan garam. Jenis keripik sanjai yang populer adalah keripik sanjai balado. Keripik yang sudah digoreng dicampurkan secara merata dengan sambal yang terbuat dari cabai, gula pasir, bawang putih dan cuka makan.

7. Asam padeh daging

asam padeh daging khas padang

sumber: detik.com

Masakan ini tidak menggunakan santan seperti rendang dan gulai. Rasanya lebih segar dan gurih dengan perpaduan berbagai macam rempah-rempah seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri,tomat, asam kandis, lengkuas, serai, daun jeruk purut, daun kunyit dan garam. Bahan utamanya adalah daging. Bisa juga diganti dengan ikan dan ditambahkan kentang. Rasa asam didapatkan dari tomat dan asam kandis4).

8. Terong lado hijau

terong balado hijau

sumber: masakmasak.blogspot.com

Terong lado hijau biasanya dicampur dengan ikan asin jambal roti dan petai agar lebih nikmat. Bumbu yang digunakan seperti cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih dan asam kandis. Terong yang dipilih yaitu terong hijau4).

  9. Gulai randuah

gulai randuah

sumber: masakanpadang-resep.blogspot.co.id

Gulai randuah terdiri dari berbagai macam bahan utama. Bahan-bahan yang digunakan antara lain terong bulat, jengkol tua, daun singkong muda, kentang, kacang panjang, udang rebon, santan dan rempah-rempah. Semua bahan dijadikan satu dan rasanya sangat menggugah selera4).

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Erwin LT. 2008. 100 PTM: Makanan Khas Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. Habsari R. 2007. Info Boga Jakarta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  3. Komala ZL. 2007. Balado. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  4. Priyatni D. 2010. 30 Menu Hidangan Masakan Padang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  5. Tim Dapur Anggrek. 2001. 200 Resep Super Lezat. Yogyakarta: GalangPress
  6. Tim Women Script & Co. 2013. Nusantara. Jakarta: Buah Hati