9 Makanan Khas Makassar Terpopuler

sop konro khas makassarsumber: inijie.com

Makassar yang merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan memiliki berbagai macam makanan khas dan tempat kuliner. Jika berkunjung ke Makassar belum lengkap jika kita tidak mencicipi masakan khas Makassar karena negeri angin mamiri ini dikenal dengan sajian kulinernya. Berikut ini disajikan 9 Makanan Khas Makassar Terpopuler versi digiku.com :

1. Coto Makassar

coto makassar

sumber: liputan6.com

Coto Makassar berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Biasanya coto disantap bersama ketupat atau buras. Perasan air jeruk nipis menambah kenikmatan Coto Makassar dan membuat coto menjadi lebih segar5). Biasanya makanan khas suku Bugis dan  Makassar ini disajikan pada saat sarapan.

2. Pallumara

pallumara makassar

sumber: selerasa.com

Pallumara merupakan masakan berkuah khas Makassar yang berbahan dasar kepala ikan kakap merah yang berukuran besar. Pallumara biasanya disajikan dengan potongan daging ikan beserta tulangnya dengan kuah yang encer yang berasal dari lemak dan tulang muda di bagian kepala ikan. Penambahan tomat dan asam jawa membuat masakan satu ini menjadi segar dan harum karena ditambahkan serai dan daun kunyit5).

3. Es Pisang Ijo

es pisang ijo makassar

sumber: dapurkobe.co.id

Es pisang ijo merupakan hidangan penutup yang tidak hanya populer di Makassar namun di seluruh wilayah Indonesia. Sajian segar ini sangat cocok disantap saat cuaca panas. Es pisang ijo berbahan dasar pisang raja matang yang dibalut dengan adonan tepung beras hijau beraroma daun suji yang disajikan dengan es serut, sirup cocopandan dan saus khas. Es pisang ijo juga bisa dicampur dengan es palu butung. Perpaduan warna hijau, merah muda dan putih semakin menambah selera siapapun yang melihatnya5).

4. Sop Konro

sop konro khas makassar

sumber: inijie.com

Dalam bahasa Makassar, konro artinya tulang. Sop konro berbahan dasar tulang iga2). Sop konro kaya akan rempah-rempah seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai, kluwak, garam dan air asam jawa. Kluwak yang berwarna hitam membuat warna sop menjadi agak gelap. Tulang iga direbus dengan daun salam, daun jeruk dan serai kemudian dimasukkan bumbu yang sudah ditumis beserta kluwak. Sajian ini lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan panas dan ditaburi bawang goreng serta dilengkapi dengan nasi dan sambal6).

5. Cucuru Bayao

cucuru bayao

sumber: youtube.com

Kue cucuru bayao biasanya disajikan pada saat upacara pernikahan. Cucuru bayao biasa disebut kue telur. Sesuai dengan namanya, telur yang digunakan dalam pembuatan kue ini cukup banyak. Telur yang digunakan adalah telur bebek dan telur ayam kampung yang diambil bagian kuningnya saja. Selain telur, bahan lain yang digunakan adalah gula pasir, kenari dan air. Sebelumnya gula pasir direbus dahulu dengan air dan kuning telur dikocok sampai mengembang dan diberi kenari kemudian adonan tersebut dikukus. Saat mengukus, tutup panci sebaiknya dibuka setiap 2 menit agar kuenya mengembang. Kue cucuru bayao disajikan bersama dengan juruh atau kuah gula4).

6. Pisang Epe

pisang epe makassar

sumber: kaskus.co.id

Pisang epe berbahan dasar pisang kepok tua setengah mengkal. Cara pembuatannya cukup sederhana serta bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapatkan. Pisang dibakar dan dibolak balik sampai matang dan harum. Kemudian gula merah, garam dan daun pandan direbus sampai mendidih dan kental. Saat disajikan, pisang disusun di atas piring kemudian disiram dengan saus gula1).

7. Barongko

barongko

sumber: imgrum.net

Barongko berbahan dasar pisang kepok kuning matang atau bisa diganti dengan pisang tanduk yang diolah sedemikian rupa. Pisang dipotong-potong kemudian dicampurkan dengan telur yang sudak dikocok lepas, santan kental, gula pasir, dan vanili. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang7).

8. Gagape

Gagape berbahan dasar daging sapi yang dipotong-potong dan direbus bersama santan. Masakan ini juga menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai. Masakan ini kaya akan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, kemiri, ketumbar, merica, jintan, kunyit, jahe, dan garam. Semua rempah dihaluskan dan ditumis hingga harum kemudian dicampur dengan kelapa sangrai dan daging. Setelah itu dimasak sampai kuah mengental3).

9. Pallu basa

pallu basa

sumber: ceritaperut.com

Makanan khas Makassar satu ini berbahan dasar sapi dengan berbagai macam bagian seperti daging, limpa, usus, jantung, hati dan babat sapi. Semua bagian sapi direbus, kemudian kaldu dari rebusan daging sapi diambil. Pallu basa juga menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai, kemudian bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, cabai merah, jahe, lengkuas, serai, pala, kayu manis, cengkih, gula merah dan garam dihaluskan dan ditumis sampai harum. Lalu dimasukkan bagian sapi yang sudah direbus dan kelapa sangrai serta air setelah itu dimasak sampai bumbu meresap3).

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Asti BM & Nurisysyafa’ah L. 2009. Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari Sabang sampai Merauke. Jakarta: Media Pressindo
  2. Khadavi R. 2008. Atlas Kuliner Nusantara: Makanan Spektakuler 33 Provinsi. Jakarta: Bukune
  3. Pratana M & Nanit. 2008. 505 Masakan Nusantara Favorit. Yogyakarta: Gradien Mediatama
  4. Tim Dapur Anggrek. 2008. 500 Resep Lezat Masakan Indonesia: Inspirasi Masakan Lezat Bergizi. Yogyakarta: Galangpress Group
  5. Tim Women Script & Co. 2013. Nusantara. Jakarta: Buah Hati
  6. Yasa Boga. 2005. Sop & Soto: Segar, Sedap dan Mantap. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  7. Yulia T & Utomo A. 2008. 668 Resep Masakan Khas Nusantara dari 33 Provinsi. Jakarta: Agromedia