6 Makanan Khas Medan Terpopuler

sambal tuktuk medansumber: masakandapurku.com

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Jika kita melihat ke arah barat tepatnya di Sumatera Utara yang terdiri dari beragam suku. Keberagaman suku inilah salah satu yang menyumbangkan keberagaman jenis makanan di Sumatera Utara. Sumatera Utara terkenal dengan keajaiban pesona alam yang memikat hati wisatawan, salah satunya hamparan danau toba yang indah yang memberi kepuasan tersendiri bagi wisatawan, selain itu dunia kuliner tanah batak sangat terkenal. Berikut 6 Makanan Khas Medan Terpopuler versi digiku.com:

1. Sambal Tuktuk2)

sambal tuktuk medan

sumber: masakandapurku.com

Bahan utama sambal tuktuk pada umumnya tidak berbeda dengan sambal lainnya, yaitu terdiri dari cabai, tomat, bawang merah. Hal yang membedakan sambal tuktuk ini adalah bahan tambahan berupa ikan aso-aso. Ikan aso-aso adalah sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan atau dikenal dengan ikan asin. Untuk menambah sensasi aroma yang unik maka ikan aso-aso sebelum digiling terlebih dahulu dibakar sedikit sampai aromanya keluar. Setelah itu siap untuk dihaluskan bersama bumbu yang lain. Sambal tuktuk ini akan lebih terasa sensasinya ketika dinikmati bersama daun pepaya rebus.

2. Dengke Mas na Niura

Dengke Mas na Niura

sumber: masakandapurku.com

Arti dari Dengke Mas na Niura dalam bahasa batak yaitu ikan mas yang tidak dimasak. Ikan Dengke Mas na Niura hanya disajikan dengan bumbu lengkap tanpa adanya proses pemasakan. Awalnya makanan ini hanya dimakan para raja, namun karena makanan ini enak masyarakat batak ikut memasak dan menikmati Dengke Mas na Niura ini. Bumbu lengkap yang memberi rasa lezat pada masakan ini yaitu terdiri dari asam jungga, kecombrang, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, cabe rawit, serai, bawang merah, bawang putih, garam. Namun walaupun tanpa proses pemasakan ikan Dengke Mas na Niura tidak mengeluarkan bau amis hal ini disebabkan perendaman dengan menggunakan  asam jungga selama 2 jam. Selain itu  Dengke Mas na Niura disajikan tanpa duri, sehingga memudahkan para penggemarnya menikmati makanan ini.

3. Mie Gomak

Mie Gomak

sumber: kitasatu.com

Gomak artinya dalam bahasa batak yaitu menggenggam. Asal usul sebutan mie gomak yaitu dari cara penyediaan mie yang digomak-gomak yaitu digenggam pakai tangan. Mie gomak ini juga disebut dengan spagheti ala batak. Bahan utam mie gomak adalah mie lidi. Mie gomak disajikan dalam dua versi yaitu mie gomak kuah dan mie gomak goreng. Bumbu untuk membuat mie gomak yaitu cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, kemiri, merica, garam, dan udang ebi. Untuk mie gomak kuah ditambahkan kuah kuning berisi sayuran, biasanya menggunakan labu siam atau sawi.

4. Gulai Daun Ubi (Singkong) Tumbuk1)

Gulai Daun Ubi Tumbuk

sumber: youtube.com

Masakan daun singkong biasa kita temui hanya direbus seperti lalapan yang bisa kita temui di RM Padang, lain halnya dengan masakan yang satu ini yaitu digulai. Sesuai dengan nama dari masakan ini pengolahan gulai daun ubi tumbuk diolah menggunakan santan, dan sebelum dimasak terlebih dahulu bahan utama yaitu daun ubi ditumbuk sampai terlihat halus. Penumbukan daun ubi biasanya menggunakan lesung.  Penumbukan daun singkong tidak boleh lama supaya aromanya tetap harum dan tidak berbau. Penumbukan daun singkong memberikan warna hijau pada kuah gulai. Bahan yang digunakan yaitu daun singkong, santan, bawang merah, cabe merah, jahe, kunyit, lengkuas, garam, bunga kecombarang, tekokak, serai, dan biasanya ditambahkan teri medan. Gulai daun ubi tumbuk akan terasa lebih nikmat jika dinikmati bersama sambal tuktuk.

5. Bika Ambon1)

Bika Ambon

sumber: sipendik.com

Sekilas jika dilihat dari nama pasti kita membayangkan makanan ini berasal dari Ambon. Bika ambon merupakan hasil modifikasi dari bika atau bingka dari melayu dengan penambahan bahan pengembang berupa nira sehingga berongga. Asal usul nama bika ambon yaitu karena pertama kali bika ambon berkembang dan populer dengan lokasi penjualan di jl. Ambon-Sei Kera Medan. Bahan baku membuat bika ambon yaitu terdiri dari tepung sagu, telur, gula dan santan. Bika ambon terdiri dari beraneka ragam rasa seperti rasa pandan, keju, cokelat, dan durian. Bika ambon menjadi oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Medan.

6. Itak Gurgur atau Itak Pohul-pohul

Itak Gurgur

sumber: batakgaul.com

Itak gurgur merupakan makanan yang banyak disajikan di restoran di tanah batak. Itak gurgur ini juga sering dijadikan bahan persembahan terhadap roh leluhur.  Kata gurgur dalam bahasa batak artinya mendidih. Sekilas pasti kita berpikir cara pengolahannya dimasak sampai mendidih  tetapiternyata tidak. Disebut itak gurgur karena diharapkan orang yang menikmati itak gurgur akan memiliki semangat yang mendidih dalam menikmatinya. Bahan untuk membuat itak gurgur ini cukup sederhana yaitu tepung beras, kelapa muda parut, dan gula pasir. Selain bahan yang sederhana, proses penyajiannya juga sederhana hanya mencampurkan semua bahan. Berbeda dengan jenis makanan lain yang memiliki bentuk dan ukuran yang cenderung sama. Itak gurgur atau itak pohul-pohul ini memiliki ukuran dan bentuk sesuai genggaman tangan orang yang membuat itak tersebut oleh karena itu disebut itak pohul-pohul, yang dalam bahasa batak pohul-pohul berarti digenggam.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Khadafi R. 2008. Atlas Kuliner Nusantara. Jakarta: Bukune.
  2. Tobing Hayatinufus.2009 .Masakan Ikan dari Sumatera. Jakarta: Gramedia.