6 Makanan Khas Bali Terpopuler

ayam betutu khas balisumber: resephariini.com

Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya tetapi juga makanan khas nya. Masakan Bali menjadi bagian dari seni dan budaya yang memiliki arti sama penting dengan seni dan budaya lain yang tumbuh disana. Bali bisa dijadikan tempat sasaran kuliner dengan cita rasa nusantara. Tidak hanya masyarakat Indonesia namun juga turis mancanegara pun suka dengan kuliner Bali ditambah pemandangan yang indah yang ada disini. Berikut ini disajikan 9 Makanan Khas Bali Terpopuler versi digiku.com :

1. Ayam betutu

ayam betutu khas bali

sumber: resephariini.com

Betutu merupakan cara memasak khas Bali untuk ayam dan bebek. Ayam betutu ini mirip dengan lingkung ayam yang digunakan dalam upacara tradisi Jawa. Ayam atau bebek betutu ini terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang semua organ dalam dikeluarkan dan diisi bumbu yang dicampur dengan daun pisang, kemudian dipanggang dalam api sekam atau oven 3. Masakan khas Bali ini kaya akan rempah-rempah seperti cabai merah, cabai rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, terasi, merica bulat, pala bubuk, ketumbar sangrai, serai, daun jeruk, lengkuas cincang, kencur cincang, jahe cincang, dan kunyit cincang. Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis sampai harum. Sebagian bumbu dicampur dengan daun singkong dan dimasukkan ke dalam rongga perut kemudian sebagian lagi digunakan untuk melumuri permukaan dan bawah kulit. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan diikat. Ayam betutu siap untuk dipanggang. Untuk menyingkat waktu biasanya ayam bisa dikukus terlebih dahulu baru dipanggang. Untuk bebek betutu biasanya dibungkus lagi dengan pelepah pinang kemudian ditanam dalam lubang di tanah yang diisi dengan bara api. Setelah itu dibiarkan sampai matang selama 6-7 jam2).

2. Serombotan

Serombotan Khas Bali

sumber: masakmemasak.com

Serombotan merupakan masakan sayur khas Kabupaten Klungkung yang rasanya hampir mirip dengan sayur pecel. Ciri khas serombotan adalah rasanya yang sangat pedas karena menggunakan cabai rawit dan rasa gurih karena pemakaian kelapa panggang yang diparut. Adapun bumbu yang digunakan antara lain kencur, bawang putih, kacang yang sudah digoreng, cabai rawit, terasi panggang, garam, jeruk limau dan minyak kelapa. Sayuran yang digunakan seperti kacang panjang, terung bulat kecil, kecambah pendek, kangkung dan kelapa parut yang dipanggang. Semua sayuran direbus kecuali terung bulat dan kecambah pendek kemudian dicampurkan dengan bumbu yang sudah diulek dan ditaburi kelapa panggang yang diparut1).

3. Ayam puri gianyar

Rasa masakan khas Bali satu ini mirip dengan rendang ayam dari Padang. Uniknya, jika ayam puri gianyar disimpan satu atau dua hari rasanya semakin nikmat. Bahan utamanya adalah ayam kampung dengan rempah-rempah seperti bumbu genap besar, kaldu, garam dan daun salam1).

4. Tum ayam

tum ayam bali

sumber: pinterest.com

Tum ayam merupakan sajian ayam yang dibungkus daun pisang. Bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, minyak kelapa, kencur, kunyit, cabai rawit, kemiri, daun salam, garam, daun limau, gula merah dan santan kental. Ayam yang digunakan sebagai bahan dasar dicacah atau digiling sampai halus kemudian dicampurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan berserta santan kental. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang yang dialasi daun salam dan dikukus1).

5. Jukut paku mekalas

Jukut paku mekalas memiliki rasa yang hampir mirip dengan gulai paku dari Sumatera Barat namun berbeda pada cara memasaknya. Tidak seperti gulai paku dari Sumatera Barat yang dimasak bersamaan antara sayur paku dan bumbu, jukut paku mekalas dimasak secara terpisah. Setelah dimatangkan terlebih dahulu, sayur pakis baru dicampurkan dengan santan yang dibumbui1).

6. Jukut bayam sale kuning

Masakah khas bali ini berbahan dasar bayam hijau dan ketela kuning. Rasanya sangat nikmat dan segar sehingga sayur ini menjadi kegemaran keluarga Puri Gianyar. Akan lebih nikmat lagi jika dimasak menggunakan kayu bakar. Bumbu yang digunakan sangat sederhana seperti bumbu genap kecil, kaldu dan garam1).

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Agung NM. 2010. Pawon Bali: 60 Resep Masakan Khas Bali Pilihan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  2. Boga S. 2008. Masakan Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  3. Surya D. 2012. Bali. Jakarta: Wsite